Love The Way I Work

Monthly archive

May 2006

Picasa on Ubuntu Linux

in Linux/Tutorial/Ubuntu by

What is Picasa for Linux?

Picasa is software that helps you instantly find, edit and share all the pictures on your computer. Every time you open Picasa, it automatically locates all your pictures (even ones you forgot you had) and sorts them into visual albums organized by date with folder names you will recognize. You can drag and drop to arrange your albums and make labels to create new groups. Picasa makes sure your pictures are always organized.

Picasa also makes advanced editing simple by putting one-click fixes and powerful effects at your fingertips. And Picasa makes it a snap to share your pictures ? you can email, print photos home, and even post pictures on your own blog (for more detail please visit Picasa Google).

System Requirements

  • Should work on any Linux system with Intel 386-compatible processor, glibc 2.3.2 or greater, and a working X11 display system.
  • Desktop Integration features require a current version of Gnome or KDE.
  • Camera detection and integration requires kernel >= 2.6.13, hal >= 0.56, and gnome-volume-manager or equivalent.
  • Available in English.
Picasa for Linux

Download Picasa

wget http://dl.google.com/linux/deb/pool/non-free/p/picasa/picasa_2.2.2820-5_i386.deb

Installing Picasa

sudo dpkg -i picasa_2.2.2820-5_i386.deb

Starting Picasa

Start Picasa by looking in your Linux distribution’s Graphics menu. If you can’t find it there, give this following command in a terminal window:

picasa

Tips

  • If you use NFS, when Picasa first starts, tell it to scan just your desktop! Otherwise Picasa gets real slow while it scans all your NFS directories!
  • To get Picasa to see pictures on your hard drive, click “File / Add Folder” (NOT “Import”).
  • When adding a folder to Picasa, the default action is to remove the folder from Picasa. You have to actively choose Scan once or Scan always.
  • Picasa is not supported over remote X connections.

When you start Picasa, it instantly goes to work, organizing all the pictures on your hard drive by date in the “Folders on Disk” collection. If Picasa finds folders you don’t want, go into Tools > Folder Manager to tell it which folders to scan once, scan always or remove. To remove individual pictures from your library, simply select a photo and right-click to delete it permanently from your computer or hide it from Picasa.

Link

Klaten Diguncang Gempa

in Indonesia by

Ini adalah pengalaman yang penulis alami saat terjadi gempa tektonik yang menimpa wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Gempa terjadi pada hari Sabtu 27 Mei 2006 pukul 05.55 WIB dengan kekuatan 5,9 Skala Richter. Saat kejadian terjadi penulis sedang berada di Klaten yang merupakan wilayah yang juga terkena dampak gempa tersebut.

Kronologis Kejadian

04.00: Penulis tiba di kota Klaten dengan menggunakan kereta malam yang berangkat pukul 20.00 WIB dari Bandung. Tujuan awal pulang adalah menghadiri pernikahan rekan di Klaten dan ada beberapa hal yang harus dibereskan di Klaten 😀 Acara pernikahan jam 08.00 jadi masih ada cukup waktu untuk istirahat sebentar. Tiduran di ruang tengah tapi oleh bapak diminta pindah rada ke pinggir biar nyaman katanya.

05.55: Terbangun dan bingung kok semuanya bergoyang. Getaran kencang sekali dan seperti ada pesawat yang besar sekali. Genting di atap rumah mulai bergeser dan ada yang jatuh. Masih dalam keadaan setengah sadar dan ngantuk cepat-cepat membuka pintu depan tapi susah dibuka karena dikunci. Langsung keluar lewat pintu dapur. Saat di luar baru nyadar kalo bapak masih di dalam. Segera balik lagi barengan bapak keluar rumah. Orang-orang udah keluar rumah sambil teriak: “Lindu.. lindu…” Tunggu sampai suasana mereda. Masuk ke rumah dan periksa kerusakan yang diakibatkan oleh gempa tadi. Setelah diperiksa tidak ada kerusakan berat yang dialami. Tembok masih utuh hanya genting atap rumah yang melorot sehingga atap rumah jadi sebagian terbuka. Kondisi keluarga sehat semua. Puji Tuhan. Ada tembok di sebelah rumah yang roboh dan untungnya tidk ada orang yang tertimpa runtuhan tersebut. Listrik padam sehingga sulit mendapatkan informasi dari media elektronik kecuali radio saku yang menggunakan baterei.

08.00: Setelah semua kembali tenang, penulis pergi ke pernikahan rekan. Sampai di gereja, suasana masih sepi. Kayanya acaranya tertunda. Komunikasi seluler ke wilayah Yogyakarta mengalami kesulitan. Sehingga sulit melakukan kontak dengan orang yang berada di wilayah Yogyakarta.

Panik Isu Tsunami08.30: Suasana berubah menjadi sangat ramai. Banyak orang-orang yang keluar di jalan dan menuju ke utara sambil teriak: “Ada banjir…” Loch, banjir apaan nich?!?! Ternyata sudah mulai isu adanya tsunami. Walaah tsunami dari mana? Klaten-Yogya kira-kira 30 km, sedangkan Klaten dengan garis pantai selatan kira-kira 60an km. Nyampai Klaten gitu?!? Takutnya keluarga di rumah pada panik dan nyariin, penulis putuskan pulang aja dan berkumpul bersama keluarga. Sampai di rumah dengerin berita di radio dan ternyata isu tsunami tidak benar. Tapi orang-orang udah pada panik. Paling tidak sudah berhasil menenangkan tetangga sebelah dan cukup membuat mereka tenang 😀

09.30: Kembali ke gereja untuk acara pernikahan. Acara berjalan dengan lancar dan bahagia. Selamat yee… 😀

10.15: Udah tidur lagi soalnya masih capek. Terjadi gempa susulan yang pertama. Kekuatannya tidak sebesar guncangan yang pertama. Tapi cukup membangunkan penulis dan segera lari keluar rumah.

11.24: Udah mau tidur siang. Tapi terjadi lagi gempa susulan yang ketiga. Tapi lebih kecil lagi dari gempa susulan yang kedua. Listrik sudah menyala sehingga bisa melihat berita di televisi.

12.00: Sudah “kagok” gak tidur sekalian. Penulis putuskan pergi ke Yogyakarta ke rumah sepupu yang berada di Berbah Sleman letaknya di belakang Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Sepanjang perjalanan penulis melihat dampak gempa yang terjadi pagi ini. Rumah Sakit Tegalyoso penuh dengan pasien korban gempa. Bahkan karena melebihi kapasitasnya, pasien terpaksa dirawat di luar rumah sakit. Jalan-jalan masih ramai ke arah luar Yogya terutama mobil ambulance dan kendaraan yang membawa korban gempa. Semakin mendekati wilayah Yogya, semakin berat kerusakan yang dapat terlihat. Gapura candi Prambanan yang merupakan tanda perbatasan antara Klaten-Yogya berantakan. Walaupun tidak rata dengan tanah. Rumah Sakit Panti Rini Yogyakarta juga mengalami kelebihan kapasitas. Tempat tersebut sangat ramai dan banyak ambulance yang keluar-masuk area rumah sakit.

12.30: Sampai di rumah sepupu tapi kok sepi sekali ya… Ternyata mereka semua berkumpul di rumah orang tua yang letaknya tidak terlalu jauh dari rumah sepupu. Beruntung rumah tidak mengalami banyak kerusakan. Genting rumah melorot, bagian teras rumah ada yang retak tapi tidak terlalu besar, dan bagian dapur ada yang ambrol. Untungnya tidak ada anggota keluarga yang tertimpa reruntuhan. Banyak pagar rumah di wilayah tersebut yang ambrol.

15.00: Pergi ke kota Yogya untuk menemui seorang teman. Dia berada di wilayah Jalan Kaliurang km 5. Di wilayah tersebut tidak terlalu parah mengalami kerusakan. Jalan-jalan di Yogya sudah tidak kacau dan masih didominasi oleh kendaraan pembawa korban gempa.

16.00: Penulis memutuskan kembali ke Klaten. Mulai jam inilah antrian di SPBU terjadi. Banyak warga yang antri untuk mendapatkan bahan bakar untuk kendaraan mereka. Mereka mungkin kehabisan bensin akibat tadi sempet panik karena isu tsunami sehingga bahan bakar mereka habis atau untuk persiapan jika kemungkinan lain yang bisa saja terjadi sehingga mereka siap untuk mengungsi.

Tenda Darurat 16.30: Sampai di rumah dan terus melihat perkembangan yang terjadi. Rumah belum diberesin karena khawatir masih ada gempa susulan lagi. Jadi menunggu sampai situasi benar-benar aman. Mulai banyak sms yang datang dari rekan-rekan yang menanyakan keadaan keluarga di Klaten. Waa… terima kasih untuk perhatian rekan-rekan semua. Jadi terharu hiks… Dari berita yang diperoleh, daerah Klaten yang paling parah akibat gempa adalah daerah Prambanan, Wedi, Bayat, Gantiwarno, di mana wilayah tersebut dekat dengan wilayah Yogyakarta. Di wilayah tersebut banyak rumah-rumah yang rata dengan tanah sehingga warga terpaksa tinggal di luar rumah dengan alat seadanya. Listrik padam, sehingga warga membuat penerangan ala kadarnya dan membakar ban bekas untuk penerangan di jalan-jalan. Kondisi sangat memprihatinkan apalagi sore dan malam harinya hujan turun dengan deras.

Bantuan yang sangat mereka perlukan antara lain selimut, tenda darurat, makanan cepat saji, obat-obatan, dan alat-alat yang bisa digunakan untuk membersihkan reruntuhan bangunan. Bantuan dan kepedulian sekecil papun dari kita sangat berarti buat mereka.

Link Terkait

Catatan: Foto di atas didapat dari file yang ada di komputer di sebuah warnet di Klaten. Foto ditampilkan tanpa seijin pemiliknya.

Travel Bandung-Jakarta

in Article/Indonesia by

Tol Cipularang

Dengan kehadiran jalan tol Cipuralang, membawa dampak yang cukup beragam bagi kota Bandung. Muncul ide-ide bisnis baru yang memanfaatkan jalur tol ini. Salah satunya adalah bisnis perjalanan atau yang biasa disebut travel. Peluang yang ingin ditangkap adalah kota Jakarta yang merupakan pusat bisnis atau perkantoran sedangkan kota Bandung adalah kota wisata dan belanja yang asyik (bagi yang banyak duit tentunya).

Tol ini mempersingkat waktu tempuh yang diperlukan jika kita ingin bepergian dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya. Dulunya perjalanan yang memerlukan waktu lebih dari 3 jam dengan jalan yang berliku-liku dan padat, sekarang bisa dicapai dengan waktu 2 jam dan dengan jalan yang lebih nyaman. (Ini relatif sebab banyak yang berpendapat kalau tol Cipularang gak senyaman tol pada umumnya). Dengan waktu yang lebih singkat, dalam bisnis merupakan satu nilai tambah, sebab waktu yang dimiliki tidak habis di jalan dan bisa dipergunakan untuk melakukan hal lain yang lebih menguntungkan. (Jadi ingat pendapat orang bisnis: Time is Money :D).

Bisnis Travel

Sampai saat ini banyak bermunculan bisnis travel di Bandung. Pada umumnya travel adalah layanan antar jemput penumpang. Maksudnya adalah agent travel menjemput penumpang dan mengantarkan penumpang tersebut sampai ke tujuan. Keuntungannya adalah:

  1. Penumpang tidak perlu datang ke agent travel, cukup duduk-duduk di rumah sambil ngopi 😀 dan travel bakalan menjemput
  2. Penumpang tidak perlu pusing mau naik apa ke tujuan, apalagi jika penumpang tidak paham rute jalan di kota yang dituju. Misal orang Bandung yang pergi ke Jakarta dan gak ngerti Jakarta. Cukup satu travel maka sampai ke tujuan. Istilahnya adalah diantar sampai pintu tujuan.

Tapi tentu ada kekurangannya:

  1. Jika penumpang tidak pesen satu mobil secara penuh, artinya bayar satu mobil, maka akan ada penumpang lainya. Hal ini cukup merepotkan karena penumpang harus bersabar untuk ikut menjemput penumpang yang lain.
  2. Pada saat tiba di tujuan, penumpang juga harus ikut mengantarkan penumpang lain. Waa kaya gini ini yang bikin males. Kalau tempatnya berdekatan tentu bukan masalah, tapi kalau tempatnya jauh? Waa malah makan waktu yang lama.

Travel model kaya begini cocoknya untuk penumpang yang tidak buru-buru, nyantai, dan tujuannya pengin jalan-jalan doang. Bagi para pelaku bisnis, kayanya gak cocok.

Ada travel model lain yaitu point-to-point travel. Walah kaya istilah jaringan komputer ajah. Jadi travel ini kaya bis, berangkat dari satu tempat dan berhenti di tempat lain yang menjadi tujuannya dan begitu sebaliknya. Kalo bis khan berangkat dari terminal Bandung trus berhenti di terminal Jakarta dan sebaliknya. Nah model kaya gitulah 😀

Keuntungan dari point-to-point travel:

  1. Penumpang tidak perlu ikut menjemput penumpang lain. Penumpang cukup datang ke tempat pemberangkatan (pool) dan berangkat sesuai jadwal yang dipesan.
  2. Penumpang tidak perlu ikut mengantar penumpang lain. Begitu sampai di tempat perhentian, ya sudah daagh… Tapi kalo dapet kenalan di dalam travel dan pengin jalan bareng ya terserah sich. Bisa juga tuh. Heheheh… 😀
  3. Tarif relatif lebih murah daripada yang model antar-jemput.

Kekurangannya adalah:

  1. Penumpang harus datang sendiri ke tempat pemberangkatan. Kalo gak tepat waktu bisa langsung ditinggal.
  2. Cukup merepotkan untuk penumpang yang tidak terlalu paham jalan kota tujuan seperti yang sudah penulis jelaskan di atas. Penumpang harus mencari sendiri angkutan lain untuk sampai ke tujuan. Paling mudah sich pakai taxi aja. Tapi mahal 🙁

Point-to-point travel cocok untuk para pelaku bisnis yang tidak cukup punya banyak waktu (aih.. sibuk kali pun), perlu sarana transportasi yang cepat, dan pakai travel bukan untuk jalan-jalan 😀 Dari pengalaman penulis, banyak usaha yang ada di Bandung dan kliennya banyakan di Jakarta. Termasuk Clarisense Digital Media Heheheh… 😀 Jadi travel semacam ini banyak membantu dalam proses bisnis.

Tips

Persaingan antar travel semakin ketat aja. Dulunya gak terlalu banyak, tapi sekarang banyak pisan euy. Tinggal pilih aja. Para pemilik travel harus smart dan inovatif dalam menanggapi hal ini, usulan aja nich:

  1. Perbaikan mobil dan interiornya agar tetap nyaman selama perjalanan.
  2. Ada fasilitas-fasilitas khusus yang diberikan kepada penumpang yang tidak diberikan oleh travel lainnya. Misalnya beli 10 tiket gratis 1 tiket, diskon bagi kalangan mahasiswa, gratis makan siang (ini kayanya belum ada dech), dan sebagainya.
  3. Perlu diadakan gebrakan khusus, misal pada hari-hari tertentu harganya lebih murah atau fasilitasnya ditambah.
  4. Perlu adanya corporate rate bagi perusahaan yang mau diajakin kerjasama. Hal seperti ini pastinya akan menguntungkan kedua belah pihak.
  5. Pelanggan lama tetap dijaga. Jangan mentang-mentang udah banyak pelanggan baru, e.. pelanggan lama malah dilupain. Jangan bikin jadi “il-feel” dech. Pengalaman pribadi sich… 😀

Beberapa tips untuk penumpang travel:

  1. Jika keberangkatan sudah direncanakan, pastikan sudah pesan tempat. Pilih posisi tempat duduk yang paling nyaman. Menurut penulis, jika kapasitas mobil sepuluh penumpang, yang enak tuh nomor 1 atau 7. Kalo nomor 1 enaknya bisa lihat-lihat pemandangan sekitar tol, dengan catatan berangkatnya selain malam hari. Tapi perlu diwaspadai perilaku sopir juga. Jika ugal-ugalan, nomor 1 yang paling beresiko 😀 Kalo nomor 7 enak buat tidur Huahahaha… 😀
  2. Cari travel yang pool tujuan terdekat dengan tujuan kita. Hal ini akan mengurangi ongkos perjalanan dalam kota. Kalo bisa sich minta dijemput oleh klien aja Hehehehe…
  3. Pastikan tidak terjebak dengan kemacetan kota Jakarta. Titik-titik macet yang sering terjadi adalah di pintu masuk Tol Pondok Gede Timur, pintu masuk tol dalam kota, dan jalan-jalan protokol di Jakarta. Jika dimungkinkan hindari berada di tempat tersebut pada jam-jam sibuk.
  4. Pastikan sudah ke kamar kecil sebelum naek travel. Karena sepanjang tol Cipularang susah ditemukan adanya kamar kecil. Gak enak banget kalo naek travel sambil sepi alias sesak pipis 😀
  5. Cari travel yang sesuai selera. Misalnya mau murah, mau yang nyaman, mau yang eksklusif, ya terserah pilihan kita masing-masing.

Referensi

Berikut ini beberapa travel yang berhasil penulis kumpulkan. Penulis tidak mempromosikan mereka, tapi bisa digunakan sebagai referensi jika mau pergi ke Bandung atau ke Jakarta lewat Cipularang.

X-Trans

Jadwal:

  1. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – Tomang (Buana Bakery, Jl. Mandala Raya No. 28B): 05.30, 09.30, 12.30, 15.30, 19.30
  2. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – Jakarta (Jln. Blora): setiap 1/2 jam dari pukul 04.00 s/d 22.00
  3. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – Pondok Indah: setiap jam dari jam 06.00 s/d 21.00
  4. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – Bintaro Trade Centre (O’kz cafe) via Pondok Indah: 06.00, 08.00, 10.00, 12.00, 14.00, 16.00, 18.00, 20.00
  5. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – Kelapa Gading/Pulo Mas (Rest Sederhana, Jl. Kayu Putih raya No. 1): 05.00, 09.00, 12.00, 15.00, 19.00
  6. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – jatiwaringin (LeZatte bakery): 05.00, 08.00, 11.00, 14.00, 17.00, 20.00
  7. Bandung Selatan (Hotel Marala), Jl. Raya Pelajar Pejuang 114 via The Promenadeke Jl. Blora: 05.15, 09.15, 13.15, 16.15, 19.15
  8. Bandung (The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C) – Bandara Cengkareng: langsung 02.00, 04.00. Jl. Blora – Cengkareng: 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, 17.00, 19.00 dan sebaliknya: 08.00, 10.00, 12.00, 14.00, 16.00, 18.00, 20.00

Telepon:

  1. The Promenade, Jl. Cihampelas No. 119C: 022-2061077
  2. Bandung Selatan: 022-70840555
  3. Jl. Blora: 021-3150555
  4. Pondok Indah: 021-7513806, 021-70735553
  5. Bintaro: 021-75816429, 021-70771113
  6. Kelapa Gading: 021-70725552, 021-92745555
  7. Jatiwaringin: 021-70333336, 021-92705555
  8. Tomang: 021-56942595, 021-93765555

Keunikan:

Diskon bagi mahasiswa dengan menunjukkan kartu mahasiswa. Bagi mahasiswa ITB dan Unpar diskonnya lebih gede. Hore… Tapi khusus S1 Hiks…

Cititrans

Jadwal:

  1. Layanan reguler: Bandung (Dipati Ukur No. 53 sebelah SPBU Dipati Ukur) – Jakarta (Club Store belakang BEJ) PP
  2. Layanan Airport: Bandung – Cengkareng

Berangkat setiap jam.
Telepon:

  1. Bandung: 022-91190300, 022-70355300
  2. Jakarta: 021-92796222, 021-68400846

Keunikan:

  1. Satu mobil berisi 6 tempat duduk.
  2. Beli sepuluh tiket gratis satu tiket.

DayTrans

Jadwal:

Bandung (Hotel Nalendra Jl. Cihampelas) – Jakarta (Jl. Karet Pasar Baru Barat No. 14D, (Karet Bivak) Deretan Wisma Dharmala): 05.00, 06.00, 07.00, 09.00, 10.00, 11.00, 13.00, 14.00, 16.00, 17.00, 18.00, 20.00

Telepon:

  1. Bandung: 022-70256767, 022-91236767
  2. Jakarta: 021-68556767, 021-93366767

Keunikan:

Harga spesial untuk mahasiswa, lansia, dan TNI

Sumber: Dari brosur masing-masing travel.

AJAX Yahoo! Mail

in Fun/Internet/Tutorial by

What is it?

I just found a cool firefox extension.

This firefox extension help me to preview my messages with a single click.

You should try this, it’s so cool.

With the AJAX Yahoo! Mail Extension, a small ‘plus sign’ is added next to each message in your Inbox (or other folder) which will allow you to preview the message without leaving the folder.

As a bonus, you can also download attachments from your Yahoo!Mail with just one click.

Features:

  1. Preview our messages without leaving our inbox. We can see a small “plus sign” next to our email list. Just click this small sign to preview the message.
  2. We can send back messages (reply) with a single click using Instant Reply (see the right bottom of preview message).
  3. Download any attachment with a single click.

For more detail about this extensions see their website.

How to Install

  1. You must have Firefox Web Browser. You can download and install Firefox with Google Toolbar.
  2. Goto Firefox AJAX Yahoo! Mail Extensions site.
  3. Find link Install Now and click on it to install this extension to your Firefox.
  4. Restart Firefox.
  5. Open your Yahoo! Mail and see how cool this extensions 😀

Link

Gnome gconf-editor nuoveXT Theme

in Linux/Theme/Tutorial by

Description

Use this gconf-editor nuoveXT theme to change your default gconf-editor theme. This theme make a unified desktop to nuoveXT theme.

You can see my gaim nouveXT icon theme. The original NuoveXT icon from http://nuovext.pwsp.net/

Installation

Extract gconf-nuovext.tar.gz to /usr/share/pixmaps/

sudo tar zxvf gconf-nuovext.tar.gz --directory=/usr/share/pixmaps/

Uninstall

To restore your default gconf-editor theme extract gconf-default.tar.gz to /usr/share/pixmaps/

sudo tar zxvf gconf-default.tar.gz --directory=/usr/share/pixmaps/

Download

Link

Bandung: Siaga Sampah

in Article/Indonesia by

“Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses . “ – sumber Wikipedia.
Berdasarkan sifatnya sampah dapat dikelompokan menjadi dua, yaitu:

  • Sampah organik
  • Sampah anorganik

Kota Bandung dan Sampahnya

Tamansari Saat ini kota Bandung sedang menghadapi masalah yang serius soal sampah. Banyak sampah yang berserakan di sudut-sudut kota bahkan di jalanan kota Bandung. Sejauh pengamatan penulis, trotoar dan jalur hijau sudah beralih fungsi menjadi tempat menimbun sampah. Jika kita jalan dari arah Dago ke bawah, maka di jalur hijau ada tumpukan kantong-kantong sampah yang tidak tahu sampai kapan ada di situ. Di daerah Pasteur ada tumpukan sampah yang sudah menggunung segede truk sampah. Lebih parah lagi kalo kita ke Taman Sari. Ironis memang apalagi Taman Sari khan deket Kampus ITB.

Dampak yang Ditimbulkan

Keadaan ini tentu saja akan mengakibatkan hal-hal seperti:

  1. Mengganggu pemandangan. Kalo jalan-jalan di kota Bandung maka akan merasa tidak nyaman dengan melihat sampah di mana-mana. Predikat kota Bandung sebagai Kota Kembang kayanya bakalan berubah menjadi Kota Sampah.
  2. Menimbulkan bau yang tidak sedap. Ini dikarenakan tumpukan sampah tersebut pastinya akan menimbulkan bau yang tidak enak apalagi kalo kena air hujan. Waa makin busuk aja baunya.
  3. Mengganggu kesehatan. Sampah menjadi sarang penyakit. Banyak lalat dan hewan lainnya yang bisa menyebarkan berbagai penyakit ke kota Bandung. Ngeri juga kalo tahu-tahu ada wabah penyakit di kota Bandung akibat sampah.
  4. Menurunkan pendapatan warga kota Bandung. Bagi warga kota Bandung yang membuka warung di pinggir jalan, tentunya akan sangat terasa sekali. Bayangkan saja pasti kita merasa gak nyaman kalo masuk ke warung tapi di deketnya ada tumpukan sampah dengan bau yang tidak sedap.
  5. Menimbulkan banjir. Walaupun sudah mulai memasuki musim kemarau, tapi sesekali masih turun hujan juga di kota Bandung. Jika sampah yang menumpuk di pinggir jalan terbawa aliran air hujan, maka akan menyumbat saluran air. Tentunya akan berakibat banjir. Bayangin aja bisa-bisa terjadi genangan air sampah di kota Bandung. Iiih… ngeri…

Penyebab

Pasteur Penyebab utama masalah sampah ini adalah kota Bandung yang tidak memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) lagi. Hal ini disebabkan ditutupnya TPA Leuwi Gajah beberapa waktu yang lalu karena sudah dianggap melebihi kapasitas. Saat ini Pemerintah Kota bandung masih mengalami kesulitan dalam mencari lahan yang dapat dijadikan TPA. Masalahnya adalah penolakan warga sekitar yang merasa terganggu dan enggan jika wilayahnya dijadikan TPA.

Alternatif Solusi

Solusi yang umum digunakan untuk mengatasi masalah sampah adalah solusi Landfill, yaitu menampung sampah dalam satu tempat. Sampah tersebut diambil oleh pemulung dan sisanya dibakar atau ditimbun untuk waktu yang lama. Solusi Landfill bukan merupakan alternatif yang sesuai, karena landfill tidak berkelanjutan dan menimbulkan masalah lingkungan (sumber Walhi). Alternatif solusi yang ditawarkan adalah:

  • Meminimalkan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.
    Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang masih bisa digunakan dan tidak langsung dibuang atau dijadikan sampah.
  • Sampah yang dibuang harus dipilah.
    Sampah diplah berdasarkan jenisnya, misalnya saja dibagi dua yaitu sampah organik dan sampah anorganik.
  • Tiap warga diharapkan mengelola sampahnya sendiri.
    Misalnya dengan menimbun sampah di sekitar lingkungannya sendiri. Namun hal ini akan sulit dilakukan untuk wilayah yang padat karena lahan yang kosong sulit ditemukan. Solusinya bisa dengan kerjasama antar wilayah untuk menangani sampah.

Sampah bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota. Namun sampah juga merupakan tanggung jawab masyarakat penghasil sampah itu sendiri. Adanya masalah sampah ini dapat diambil hal positifnya. Mungkin selama ini kita gak pernah peduli dengan sampah. Kita beraktivitas, menghasilkan sampah, ya udah buang aja. Gak peduli kemana perginya sampah kita. Kita tahunya beres dan nyaman. Padahal pengelolaan sampah gak semudah itu. Tanpa mengelolaan yang baik dan tepat, sampah akan menimbulkan masalah yang serius baik masa kini maupun masa yang akan datang.

Ayo Bandung kembalilah ke predikat Kota Kembang bahkan jauh lebih baik lagi dari masa yang sudah-sudah. 😀

Catatan: Foto sampah sengaja diperlihatkan bukan untuk membuat pembaca merasa mual atau tidak nyaman. Namun demikianlah kenyatan yang saat ini terjadi. Memang memprihatinkan dan patut mendapat perhatian serius. Terima kasih.

Gaim Guifications OSX Theme

in Internet/Linux/Project/Tutorial by

What is Guifications?

Guifications is a Gaim plugin that displays msn style “toaster” popups in a user defined corner of the screen. It’s highly configurable, easy to use, and has theme support. It really is the end all, be all, toaster popup plugin for Gaim!

The Gaim OSX Guifications Theme based on OS-L Iconset from gupetto.

Download

Get this guifications theme from here:

Installation

Extract the gaim_osx_guifications.tar.gz to ~/.gaim/guifications/themes by:

tar zxvf gaim_osx_guifications.tar.gz --directory=~/.gaim/guifications/themes

or extract it to /usr/share/pixmap/gaim/guifications/themes

sudo tar zxvf gaim_osx_guifications.tar.gz --directory=/usr/share/pixmap/gaim/guifications/themes

You need Mac Fonts because I use Lucida Grande font. You can view my little Howto about Mac Font On Dapper Drake. Please leave a comment here. Any comment will be appreciate. Thank You very much. Have a great day…

Link

“Kejauhan” Syndrome

in Journal by

Aku bingung aja mo ngasih nama apa. Ya udah aku kasih nama “kejauhan” syndrome. Apaan sich ini? Kejauhan syndrome adalah merasa kehilangan dan merasa kangen dengan orang2 yang dulunya deket namun sekarang udah jauh, padahal waktu dulu berada di deket kita rasanya biasa aja. Alias gak ada perasaan apa-apa.

Kok bisa ya? Aku juga gak tahu. Aku inget seorang pernah ngomong gini:

Kita merasa sesuatu itu sungguh berharga justru pada saat kita sudah tidak memilikinya lagi.

Apa ini cuman perasaan aja atau emank gimana ya? Dibiarin aja bisa ilang kalee… Waa gak tahu juga.

Hal yang aku dapetin adalah hargai orang2 atau sesuatu yang sekarang aku miliki karena aku tidak tahu kapan waktunya aku bakalan kehilangan hal tersebut. Selalu bersyukur dan gak pernah mengeluh dengan apa yang aku terima. Inget… “In everything give thanks”.

Ada yang pernah ngalamin? Bagi-bagi cerita dunk… Thx…

Finally I Got 80 GB HDD

in Journal by

Setelah sekian lama menantikannya, akhirnya aku mendapat hardisk dengan kapasitas 80 GB. Waa senangnya. Masalahnya hardisk yang kemaren tu cuman berkapasitas 20 GB. Udah gitu udah mau penuh lagi. Mo jalanin “jendela” juga dah lemot abis soale virtual memory-nya low pisan. Mau simpen banyak data juga mana cukup. Padahal masih pengin banyak ngoprek. Akhirnya bisa upgrade 400 % nich Heheheh…

Terpaksa malem ini rada ekstra install ulang semua OS yang mau dipakai. Biar besok gak mengganggu jam kerja. Hiks…

Langkah pertama, partisi hardisk baru. Hardisk aku bagi menjadi 3 bagian utama:

  • 20 GB untuk aplikasi “jendela” (ntfs)
  • 10 GB untuk linux (ext3)
  • 50 GB sisanya buat data (FAT32)

Langkah kedua, install OS “jendela”. Sebenernya gak sering pakai sich. Ntar kalo sewaktu-waktu perlu aja. Soale di kantor banyakan yang makai OS ini. Lagian buat men game juga heheheh…

Langkah ketiga, install OS linux. Untuk install linux, partisi linuxnya aku bagi lagi menjadi:

  • 1.5 GB buat /
  • 1 GB buat swap
  • 4 GB buat /home
  • 3.5 GB buat /usr

Aku install Ubuntu 6.06 Dapper Drake Beta (April 21, 2006).
Selanjutnya pindahin data dari hardisk yang lama ke hardisk yang baru. Soale hardisk yang lama mau dibikin server. Ntar buat oprekan juga. Udahan ah… Ngantuk… Mau balik dulu yach… 😀

me, sUpricak3p

Go to Borromeus

in Journal by

Pancaroba syndrome ternyata belum selesai juga nich. Masih kena efeknya nich. Mulai jum’at malem dah merasa gak fit ajah. Apalagi sepulang dari Jakarta. Rasanya cuapek buanget. Tapi tetep paksain kerja seperti biasa. Namun akhirnya… jatuh sakit juga nich. Hiks… Mulai demam sabtu pagi. Seharian gak kemana-mana. Tiduran melulu. Ke kantor bentar untuk cek email abis itu tidur lagi. Minggu dah mulai baikan tapi blom fit banget. Waa gak enak banget… 🙁

Akhirnya tadi pagi niatan pergi ke Boromeus. Ke Boromeus yang paling gak enaknya tuh antrinya itu. Periksanya sich cepet. Antrinya itu yang lama. Sebenernya prosedurnya gak susah banget:

  • daftar ke bagian administrasi (bayar 1000 perak)
  • diperiksa ama bu dokter
  • ambil obat

Sakitnya sih gak aneh-aneh. Batuk pilek aja. Tapi cukup mengganggu aktivitas aja. Hiks… Ada pepatah bilang gini: “Banyak orang menggadaikan kesehatannya di masa mudanya, tapi harus membayarnya kembali di masa tuanya. ” Yang lebih parahnya lagi harus membayar beserta bunga-bunganya. 😀 Nah yang aku dapetin, selagi sehat ya jangan disia-siakan dengan melakukan hal-hal yang merusak kesehatan itu sendiri. Kapok ah…


me, sUpricak3p

Go to Top